Force Close di Android dan Penanganannya

Sebagian pengguna System Android sering mengalami Force close baik itu saat membuka aplikasi atau pun game, Force Close di android ibarat di komputer saat buka aplikasi ada notifikasi Not Responding ini di akibatkan file aplikasi mengalami Crash/cacat bisa karena Virus atau Pada saat Instalasi APlikasi mengalami kerusakan atau juga karena sistem operasi yg memang sudah crash sehingga sistem operasi tidak bisa melaunch data dari sistem aplikasi tersebut. hal ini sama halnya di android saat mengalami force close , sistem operasi android tidak bisa meLaunch data yang berada di sistem. Lalu hal apa saja sih yang mengakibatkan system operasi android bisa mengalami Force close dan bagai mana cara menanganinya ???

      1. Aplikasi/Game yang tidak cocok dengan System operasi Android                         ex: aplikasi yang di peruntukan untuk system operasi ICS di Instal di Ginger bread maka besar kemungkinan aplikasi/game tersebut akan mengalami force close karena ketidak sesuaian Systemnya (Root). sama halnya di komputer aplikasi yang hanya bisa dijalakan di windows 7 lalu di jalakan di windows xp, maka aplikasi tersebut akan mengalami Not Responding yang di akibatkan perbedaan Registry didalam system operasi . Solusinya : ganti palikasi tersebut sesuai dengan system operasi yang terpasang di HH android yang anda miliki .
      2. File data Tidak cocok dengan tipe HH (GPU,Processor)                                          Sering sekali para pengguna Android Mendownload Game+data sekaligus yang tujuannya untuk mempermudah Instalasi, mengingat tidak semua PEngguna memiliki Akses Internet  dengan kecepatan tinggi / tidak memiliki akses wifi sendiri  untuk mendownload Data tambhn Game Yang ingin di mainkan , namun permaslahnya adalah tidak semua Game+data yg ada itu cocok dengan Device yang dimiliki walhasil bgt semua game dan data dimskn akan terjadi force close . solusi :      download game+data sesuai dengan Device yang dimiliki, atau jika punya kases Internet sendiri ada baiknya download langsung di Device android anda.
      3. Salah Menempatkan file data Game .                                                            Penempatakan file data tambahan untuk setiap game berbeda-beda ada yang menempatkanya di folder Android/Data,  Android/obb, atau Gameloft/games . kesalahan penempatan file data juga dapat mengakibatkn force close krn system operasi akan Confuse mencari file data .  Solusi : ikuti petunjuk instlasi game tersebut dengan teliti dr web tempat downloadnya.    
      4. System Operasi Android Crash/Rusak.                                                                     Crash pada system operasi android disebabkan karena hilangnya/rusaknya System root, System Operasi android sama halnya dengan sistem operasi komputer yang akan mengalami kerusakan yang diakibatkan berbagai macam hal, baik itu karena virus, pemasangan aplikasi atau game yang tidak sempurna, atau bahkan pada saat menginstal ROM tidak sempurna hal lain yang sering terjadi adalah Ketidak cocokan Device dengan Custom ROM yang di instal, oleh karena itu PEmilihan ROM harus Benar2 sesuai dengan device yang yang dimiliki terutama pada saat akan mengInstal Custom ROM harus dipilih dengan hati-hati karena bukan saja akan mengalami force close bisa jadi device yang dimiliki akan Brick. Solusinya : Jika ke tiga permaslahan diatas masih terjadi i maka ada baiknya anda mengganti system android anda, Untuk pengguna Custom ROM pilih Custm rom yang benar-benar Dipercaya dan pilih Custom ROM dari Developer yang Benar Handal 

18 komentar: