Perkembangan Android


PERKEMBANGAN ANDROID
Android telah mengalami pembaharuan sejak peluncuran awalnya.


1. Android 1.1
9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.


2. Cupcake (1.5)
30 April 2009 secara resmi diluncurkan Cupcake dengan beberapa fitur baru:
o Kemampuan merekam dan memutar video di modus camcorder
o Upload video ke Youtube dan foto ke Picasa langsung dari ponsel
o Tombol soft keyboard dengan fitur "autocomplete"
o Kemampuan koneksi langsung ke headset bluetooth
o Widget dan folder baru
o Animasi
o Kemampuan copy-paste diperbaiki


3. Doughnut (1.6)
15 September 2009, Donat (Donut) diluncurkan:
o Android Market diperbaharui
o Antarmuka kamera, camcorder, dan galeri terintegrasi
o Penghapusan foto di galeri bisa dilakukan secara multiple (banyak file)
o Voice Search diperbaharui dengan respon lebih cepat dan integrasi lebih baik dengan kemampuan panggilan kontak
o Fitur pencarian diperbaiki untuk bookmark, history, kontak, dan web langsung dari tampilan siaga
o Pembaharuan dukungan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x VPN, Gesture, dan text-to-speech
o Kecepatan diperbaiki di bagian pencarian

4. Eclair (2.0)
26 Oktober 2009
o Kecepatan hardware diperbaiki
o Aplikasi baru "Car Home"
o Dukungan resolusi dan ukuran layar dikembangkan
o Antarmuka browser yang baru
o Daftar kontak baru
o Rasio hitam-putih untuk background lebih baik
o Google Maps 3.1.2
o Dukungan Microsoft Exchange
o Dukungan lampu flash untuk kamera
o Digital zoom
o Virtual keyboard diperbaiki
o Bluetooth 2.1

5 Android Froyo (Frozen Yoghurt) versi 2.2
Android Eclair, dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Pastinya versi ini memiliki performa, memori, dan kecepatan yang lebih tinggi. Disediakan pula fitur untuk menon-aktifkan paket data yang memungkinkan kita yang masih remaja menghemat pulsa dalam penggunaan Android karena memang OS Android membutuhkan koneksi terus-menerus yang menguras pulsa. Yang membuat versi ini berbeda dari versi sebelumnya adalah kemampuan untuk melakukan Tethering, dimana gadget Android kita dapat dijadikan hotspot Wi-Fi! Mayoritas handphone Android sekarang menggunakan versi ini khususnya Samsung Galaxy Series.

6.Android Gingerbread 2.3
Versi ini baru saja dirilis pada tanggal 6 Desember 2010. Versi ini lebih ditujukan kepada smartphone yang memiliki prosesor dan layar yang lebih besar. Versi ini juga telah menyediakan fitur copy/paste yang telah dinanti-nantikan banyak orang. Selain itu diberikan pula Download Manager yang baru untuk kemudahan mengorganisir file-file yang di-download di Android anda. Fitur ini juga mengalami peningkatan di permainan. Fitur utama dari si Roti Jahe ini adalah NFC alias Near Field Communication. Fitur ini memungkinkan kita untuk membayar barang-barang, mendapat informasi di museum, bahkan memesan tiket pesawat langsung di tempat-tempat yang telah memiliki tag NFC.

7.Android Honeycomb 3.1
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 sudah hadir di Indonesia. Misalnya Asus Eee Pad Transformer, Samsung Galaxy Tab 8.9 dan 10.1, dan lain-lain.

8 .Android Ice Cream Sandwich 4.0

Android sendiri sejak pertama dikenalkan oleh google kini sudah berkembang ke versi yang lebih bagus,versi terbaru yang ada saat ini adalah Google Android 4.0 Ice Cream Sandwich ,versi ini diluncurkan pada oktober 2011 tahun lalu.

9. Android Jelly Bean 4.1
Android 4.1 Jelly Bean baru saja resmi diluncurkan, dan akan mulai bergulir pada pertengahan Juli 2012 .  Beberapa  fitur yang didukung oleh sistem operasi terbaru ini.

 Google Now
Google Now adalah sebuah fitur baru pada sistem Android yang terbaik. Sistem ini dapat membantu anda menyimpulkan dan mengatur yang apa yang Anda lakukan pada titik yang lebih cepat dan lebih efektif. Sistem ini hampir sama dengan SIRI yang mengenali suara dan dilengkapi dengan  informasi dari data riwayat pencarian, kalender, dan lokasi Anda yang dapat memberikan jawaban berguna dalam hitungan detik.
Google Now dapat diakses sebagai bar slide-up dari homescreen yang akan memberikan beberapa informasi tanpa Anda memintanya. Misalnya Anda ingin mengetahui dimana KFC berada dikota Anda, Google Now akan langsung memberitahukan KFC yang paling dekat dengan Anda dan berbagai macam kegunaan yang bisa anda temukan.

Project Butter
Dibalik namanya yang Aneh, terdapat Ide yang begitu briliant. Tujuan Project Butter ini adalah untuk membuat Android berjalan pada solid 60fps, lengkap dengan triple buffering dan forced vsync. Pada dasarnya, nama Butter ini diambil dari Mentega yang licin, dan diharapkan Jelly Bean akan berjalan selicin mentega. Project Butter juga bertujuan untuk meningkatkan respon layar sentuh dengan memprediksi dimana jari Anda akan menyentuh. Berbagai fitur akan didapatkan dari Project Butter ini dan kita berharap Android nantinya bisa berjalan licin dan mulus secepat IOS dan Windows Phone.

Notifications
Sistem pemberitahuan dari Android telah diberika perbaikan. Sekarang Anda dapat memilih aplikasi untuk dimunculkan pada Notifikasi. Anda bisa langsung berkomentar pada Facebook, twitter, Google+ langsung dari layar notifikasi anda. Developer juga dapat mengembangkan perilaku notification terhadap applikasi buatannya.

Browser
Google Chrome saat ini telah menjadi browser standar untuk perangkat Android 4.1. Saat ini Google Chrome terbaru akan tersedia untuk Android dan IOS.

Android Beam
Beam telah menjadi bagian dari Android sejak Ice Cream Sandwich diperkenalkan, tetapi pada Jelly Bean, Android Beam akan membawa banyak perbaikan yang sangat dibutuhkan. Android Beam adalah sebuah NFC file sharing interface yang berfungsi untuk berbagi file dengan Ponsel yang mendukung NFC hanya dengan ketukan. Setelah terjadi ketukan, informasi akan langsung ditransfer ke perangkat penerima.
Mungkin masih banyak handset yang belum mengadopsi teknologi NFC, tetapi perkembangan teknologi ini sudah mulai terasa dimana hampir semua perangkat baru yang diluncurkan sudah mulai mengadopsi teknologi ini.

Aplikasi Kamera yang Lebih Baik
Fitur aplikasi kamera yang terintegrasi telah ditambahkan, meskipun penambahan ini lebih banyak berkaitan untuk melihat foto daripada shoot. Setelah Anda telah melakukan pemotretan, anda bisa langsung memberikan “quick swipe” pada foto yang baru saja diambil. Begitu juga dengan Galeri yang bisa browsing dan menghapus foto dengan lebih cepat

10. Android Key lime Pie (masih gosip :p)
 Dikutip dari The Verge, Selasa, 6 Maret 2012, Google dikabarkan telah memilih nama untuk operating systems terbarunya, yakni Key Lime Pie. Situs teknologi ini mendapat informasi dari sumber yang sama yang telah membisikkan bocoran mengenai penggunaan nama Jelly Bean

0 komentar:

Posting Komentar